Memahami Apa Itu Power Supply, Fungsi dan Cara Kerja Power Supply

Apa Sih?
Apa sih power supply itu? pemahaman, fungsi dan bagaimana cara kerja Power Supply adalah salah satu dari perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi untuk menyediakan pasokan listrik. Biasanya kalian temukan di casing komputer berbentuk persegi.

Pada dasarnya Power Supply membutuhkan sumber arus listrik yang kemudian sumber arus listrik diubah menjadi energi yang akan menggerakkan sebuah perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana, yaitu dengan mengkonversi kekuatan 120V kedalam bentuk aliran dengan kekuatan yang sesuai dengan kebutuhan perangkat tersebut.

Fungsi paling utama adalah untuk mengkonversi arus AC menjadi arus DC yang kemudian akan diubah menjadi listrik atau energi secara umum yang dibutuhkan oleh komponen pada perangkat komputer seperti motherboard, CD Room, hard drive, dan komponen lainnya. 


https://live.staticflickr.com/8184/8077191056_4c4595234f.jpg 

 Berdasarkan desain, power supply dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Power Supply / Pemasok Daya internal; adalah power supply yang dibuat dengan motherboard terintegrasi atau papan induk sirkuit. Contoh; ampilifier, televisi, DVD player; power supply-nya menyatu dengan motherboard dalam casing perangkat tersebut.
  2. Power Supply / Pemasok Daya Eksternal; perangkat power supply dibuat terpisah dari motherboard perangkat elektronik. Contoh Charger HP dan Charger Laptop.
Fungsi Power Supply dikomputer

Dalam bahasa Indonesia, Power Supply dapat diartikan sebagai Sumber Daya. Fungsi dari power supply adalah untuk memberikan arus listrik untuk menyalakan berbagai komponen atau berbagai perangkat keras yang biasa berada pada komputer.

Sebuah sumber energi listrik yang berasal dari luar masih membentuk kekuatan arus bolak-balik (AC). Ketika energi listrik ke Pemasok Daya, maka energi listrik akan diubah menjadi bentuk arus searah (DC). Daya DC kemudian dipasok ke semua komponen di komputer untuk bekerja secara optimal.

Pada sisi yang lain power supply disediakan Kipas yang berguna untuk membuang udara panas di dalam komputer. Selain itu, power supply juga memiliki port male jenis IEC 60320 C14 yang akan berfungsi sebagai penghubung antara sumber energi listrik dan power supply. 


Berbagai Macam Jenis Power Supply
Berdasarkan fungsinya, ada dua jenis power supply yang umumnya digunakan pada komputer, dan keduanya juga memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Jenis power supply adalah:
1. Power Supply AT 

Dapat dikatakan bahwa ini adalah jenis sumber daya yang pertama kali digunakan dalam jenis komputer di masa lalu sebagai tipe Pentium II dan Pentium III di '97. Jadi saat ini menggunakan AT power supply tidak banyak ditemukan pada jenis perangkat komputer terbaru.

Ciri-ciri power supply AT: 
Hasil gambar untuk power supply AT 
  • Memiliki sebanyak 8-12 terminal outputnya yang terhubung pada sebuah motherboard komputer
  • Pada umumnya memiliki sebuah daya di bawah 250 watt
  • Karena sebuah tombol dari power On dan power Off terhubung pada chasing komputer, maka untuk mematikan sebuah arus listrik harus dilakukan dengan manual jika ingin menshut down komputer. 

 2. Power Supply ATX

Power supply Jenis ATX merupakan pembaruan dari jenis power supply AT. Pemasok Daya ini memiliki desain yang agak rumit, dengan beberapa sumber daya listrik lebih efisien.

Power supply ATX saat ini lebih sering ditemukan pada setiap komputer generasi terbaru, dimana pengoperasiannya dapat dikontrol menggunakan software, software ini sudah terinstall di komputer. Sehingga dapat di atur dengan leluasa dalam beberapa mode, contohnya seperti Sleep Mode, Mode Standby, dan mode saat komputer akan dimatikan. 

 Ciri-ciri Power Suplly ATX:
Hasil gambar untuk Power Supply ATX 
  • Memiliki kurang lebih sebanyak 20 sampai 24 terminal output yang terhubungan dengan sebuah motherboard
  • Memakai sebuah daya yang lumayan lebih besar
  • Ketika PC akan di-shuttdown maka sebuah power supply ini akan mati dengan sepenuhnya
 Komponen Power Supply

Mengacu pada sebuah pengertian dari power supply, perangkat keras ini akan berfungsi untuk mengubah sebuah arus AC menjadi arus DC dan akan menyalurkannya ke pada berbagai komponen komputer yang berada di dalam chasing. Untuk membentuk suatu tegangan maka akan dibutuhkan sebuah komponen power supply, yaitu:


1. Transformator
Ini adalah komponen yang ada pada sebuah Power Supply yang fungsinya digunakan untuk memindahkan suatu tenaga listrik antar dua komponen rangkaian listrik atau lebih dengan melalui induksi elektromagnetik.

2. Dioda
Ini adalah sebuah gabungan dari dua jenis kata elektroda, yaitu sebuah anoda dan katoda. Sifat dari sebuah dioda berfungsi untuk menghantarkan sebuah arus pada tegangan yang maju dan menghambat arus pada sebuah aliran tegangan balik.

3. Kapasitor
Kapasitor sendiri berfungsi sebagai suatu penyempurna penyerahan dari sebuah tegangan arus AC pada tegangan arus DC.

4. Resistor
Resistor meruapakan sebuah perangkat yang akan membantu Power Supply dalam menurunkan suatu tegangan, membagi tegangan, dan akan membatasi arus listrik yang masuk, sehingga komponen ini akan dapat mengontrol sebuah perangkat-perangkat keras yang berada di dalam motherboard.

5. IC regulator
IC Regulator ini mempunyai fungsi untuk mengatur suatu tegangan pada sebuah rangkaian elektronika agar selalu tetap stabil.

6. LED
LED pada sebuah Power Supply merupakan sebuah komponen sejenis diode semikonduktor yang memiliki beberapa keistimewaan.

Cara Kerja Power Supply

Ketika pengguna akan menyalakan tombol power pada komputer, maka sebuah power supply akan melakukan sebuah pemeriksaan dan akan melakukan tes sebelum menjalakan sebuah sistem komputer. Jika tes berjalan dengan optimal dan baik maka sebuah power supply akan mengirimkan sebuah sinyal (power good) pada mainboard sebagai suatu pertanda bahwa sebuah sistem komputer siap untuk beroperasi.

Selanjutnya, sebuah power supply atau catu daya akan membagi suatu daya sesuai dengan besarnya kapasitas yang diperlukan pada masing-masing sebuah komponen komputer. Selain menyalurkan sebuah daya listrik pada komponen komputer, power supply juga akan menjaga agar stabilitas arus listrik pada berbagai komponen tersebut lebih optimal.





Keyword:
Maxmanroe, bagas31, kuyhaa, download, desain, rumah, hardware, spek hp, spek laptop, power supply.

Author

Fuad Azmi Fuad Azmi Hai, Kalian pasti sedang berada di bumikan?, Itu karena kalian memang berada di bumi. kuy di follow sosial media saya.

Posting Komentar